• gambar
  • gambar
  • our banner

Selamat Datang di Website MTs. SATU ATAP AL-AZHAR KANDANGAN. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MTs. SATU ATAP AL-AZHAR KANDANGAN

NPSN : 30315356

Jl.Banyu Barau RT.07 LK.III Kel.Kandangan Barat Kec.Kandangan HSS


[email protected]

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 73882
Pengunjung : 32862
Hari ini : 6
Hits hari ini : 43
Member Online : 0
IP : 216.73.216.169
Proxy : -
Browser : Gecko Mozilla

Status Member

PTK : APLIKASI “MANANGGUH MAKNA” UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN




APLIKASI “MANANGGUH MAKNA” UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENGINGAT NAMA, ISTILAH DAN PERISTIWA PADA PEMBELAJARAN SKI SISWA KELAS VIII DI  MTs AL AZHAR KANDANGAN  SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

oleh

SUHAIMI

Guru SKI MTs Al Azhar Kandangan

Kab. Hulu Sungai Selatan

Kalimantan Selatan

 

 

ABSTRAK

Mempelajari sejarah Islam tidak bisa lepas dari keberadaan berbagai tokoh, istilah dan peristiwa-peristiwa yang mengisi sejarah itu sendiri. Namun untuk bisa mengingat dengan baik rangkaian fakta sejarah membutuhkan usaha dan kemampuan bahkan mungkin trik tertentu untuk menyimpan “data sejarah” dalam memori otak kita, terlebih lagi nama tokoh, peristiwa dan istilah yang memang bukan berasal dari bahasa atau daerah kita atau dari kata-kata yang kurang familiar dengan telinga dan lidah kita. Dari pengamatan awal terlihat ada kecenderungan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengingat nama, istilah dan peristiwa sejarah Islam yang dipelajari.

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran apakah dengan mengaplikasikan permainan “Manangguh Makna” mampu meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar para siswa khususnya siswa kelas VIII MTs Satu Atap Al Azhar Kandangan pada pembelajaran SKI dengan materi Dinasti Ayyubiyah. Subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016 semester genap yang berjumlah 20 orang terdiri dari 3 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi dan hasil tes tertulis. Selanjutnya data dianalisis dan diolah dengan teknik prosentasi baik individual maupun klasikal.

Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi game “Manangguh Makna” dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar SKI yang ditunjukkan tingkat ketuntasan klasikal dari 35% pada pra siklus menjadi rata-rata 75% pada siklus I dan 95% pada siklus II,  melampaui KKM mata pelajaran SKI di MTs Al Azhar Kandangan yakni 75,00. Mengacu pada hasil penelitian ini disarankan kepada para guru lainnya untuk mencoba permainan ini dalam melaksanakan KBM dengan materi yang disesuaikan.

 

Arikel lengkap dapat didownload di SINI

 

Kata kunci :

Pembelajaran aktif, Manangguh Makna, pembelajaran SKI, kemampuan mengingat, hasil belajar

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :





   Kembali ke Atas