PTK : APLIKASI “MANANGGUH MAKNA” UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN
APLIKASI “MANANGGUH MAKNA” UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENGINGAT NAMA, ISTILAH DAN PERISTIWA PADA PEMBELAJARAN SKI SISWA KELAS VIII DI MTs AL AZHAR KANDANGAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
oleh
SUHAIMI
Guru SKI MTs Al Azhar Kandangan
Kab. Hulu Sungai Selatan
Kalimantan Selatan
ABSTRAK
Mempelajari sejarah Islam tidak bisa lepas dari keberadaan berbagai tokoh, istilah dan peristiwa-peristiwa yang mengisi sejarah itu sendiri. Namun untuk bisa mengingat dengan baik rangkaian fakta sejarah membutuhkan usaha dan kemampuan bahkan mungkin trik tertentu untuk menyimpan “data sejarah” dalam memori otak kita, terlebih lagi nama tokoh, peristiwa dan istilah yang memang bukan berasal dari bahasa atau daerah kita atau dari kata-kata yang kurang familiar dengan telinga dan lidah kita. Dari pengamatan awal terlihat ada kecenderungan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengingat nama, istilah dan peristiwa sejarah Islam yang dipelajari.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran apakah dengan mengaplikasikan permainan “Manangguh Makna” mampu meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar para siswa khususnya siswa kelas VIII MTs Satu Atap Al Azhar Kandangan pada pembelajaran SKI dengan materi Dinasti Ayyubiyah. Subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016 semester genap yang berjumlah 20 orang terdiri dari 3 laki-laki dan 17 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi dan hasil tes tertulis. Selanjutnya data dianalisis dan diolah dengan teknik prosentasi baik individual maupun klasikal.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi game “Manangguh Makna” dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar SKI yang ditunjukkan tingkat ketuntasan klasikal dari 35% pada pra siklus menjadi rata-rata 75% pada siklus I dan 95% pada siklus II, melampaui KKM mata pelajaran SKI di MTs Al Azhar Kandangan yakni 75,00. Mengacu pada hasil penelitian ini disarankan kepada para guru lainnya untuk mencoba permainan ini dalam melaksanakan KBM dengan materi yang disesuaikan.
Arikel lengkap dapat didownload di SINI
|
Kata kunci : |
Pembelajaran aktif, Manangguh Makna, pembelajaran SKI, kemampuan mengingat, hasil belajar
|
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- PPDB ONLINE MTs SA AL AZHAR 2020/2021
- Kurikulum akan dirombak besar-besaran !
- Selamat Bertugas Pak Menteri Agama RI yang baru !
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE
- Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
Kembali ke Atas





